WAN's THOUGHT

Pengalaman Mendaftar di Refactory Coding Bootcamp

Jun 16, 2017 | 3 mins read | Wanda Ichsanul Isra

Setelah browsing sejenak, saya tidak menemukan satu pun artikel mengenai pengalaman seseorang terkait proses register di bootcamp Refactory. Karenanya, saya tertarik untuk menulis hal ini agar yang ingin register nantinya jadi ikut terbantu. Okay, lets write it down.

Refactory? What’s that?

Generally, Refactory adalah salah satu bootcamp di Indonesia yang berfokus pada pelatihan immersive mobile apps programming (iOS & Android) berbasis JavaScript dan React (React Native). Bootcamp ini dilaksanakan secara intensive di bawah bimbingan programmer professional selama 12 minggu di gedung Eduplex Lt. 3, Bandung.

Refactory merupakan bootcamp yang sangat mengutamakan kualitas dari setiap lulusannya. Untuk mencapai kualitas terbaik, Refactory mengadopsi metode SSOM (Standard Student Outcomes Methodology) yang dikembangkan oleh Hack Reactor, salah satu coding bootcamp JavaScript top rated in the world. Dengan adanya standar dari metode ini, diharapkan setiap lulusan dapat terserap dengan baik di industri teknologi dengan gaji yang cukup/sangat memuaskan.

Why do I interested to register and joining Refactory?

Simple, karena banyaknya pengguna mobile phone saat ini.

Berdasarkan tautan wikipedia (accessed on June, 2017), jumlah pengguna mobile phone di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 236 juta dari total populasi 237.556.363. Dalam skala yang lebih besar (seluruh dunia), penggunanya mencapai lebih dari 7 miliar dari total populasi 7.324.782.000. See? That’s a super duper huge amount of number! Tentu saja besarnya market pengguna tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan/demand terhadap mobile programmer saat ini dan beberapa tahun kedepan. Make sense, right?

What are the phases of registering to Refactory?

Secara umum, ada 4 tahapan yang harus dilalui untuk bergabung di Refactory. Berikut keempat tahapan tersebut.

1. Register & online coding test => (passed)

Pada tahapan pertama, kandidat diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan pada tautan apply sebelum dihadapkan pada 2 tes coding online. Tes online ini berkaitan dengan materi dasar JavaScript yang bertujuan untuk memastikan bahwa kandidat memiliki pengetahuan dan standar yang cukup terhadap JavaScript & programming.

Jika anda berhasil melaluinya dengan baik, maka anda dinyatakan lolos dan mendapatkan info terkait kelulusan melalui email. Congrats! You passed the first test.

2. Interview => (passed)

Pada tahapan kedua, kandidat diharuskan untuk ikut wawancara face to face dengan tim Refactory. Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat dan motivasi kandidat untuk bergabung. Wawancara dapat dilakukan secara on-site (jika berada di seputaran Bandung) maupun online (jika berada di luar Bandung) via Google Hangout. Pertanyaan interview berkaitan dengan pengetahuan umum teknologi dan pengetahuan dasar JavaScript dan programming.

Jika berhasil lolos, anda akan kembali mendapatkan info terkait kelulusan melalui email. Congrats! You’re one step ahead.

3. Preparation period => (passed)

Tahapan ketiga adalah tahapan terpanjang dan terberat yang harus dilalui oleh kandidat dengan estimasi waktu pengerjaan ± 4 minggu. Pada tahapan ini, kandidat diharuskan untuk menyelesaikan 3 stages yaitu installing development tools, learning, dan doing task.

Pada stage installing development tools, ada 7 tugas yang harus diselesaikan dengan estimasi waktu pengerjaan selama 1 hari. Pada stage learning, ada 9 tugas yang harus diselesaikan dengan estimasi waktu pengerjaan selama 4 minggu. Pada stage doing task, ada 3 tugas yang harus diselesaikan dengan estimasi waktu pengerjaan selama 1 hari. Estimasi waktu penyelesaian ± 4 minggu ini dapat tercapai jika kandidat mau meluangkan waktu 5 – 6 jam setiap harinya.

Apa sebenarnya tujuan dari tugas-tugas yang panjang tersebut? Tentu saja untuk mendorong kandidat menjadi lebih tangguh, terlatih dan benar-benar siap untuk menghadapi bootcamp dengan intensitas yang tinggi nantinya.

4. Tryout => (passed)

Pada tahapan terakhir, kandidat diharuskan untuk mengikuti tryout. Tahapan ini lebih kurang mirip dengan tahapan pertama sebelumnya. Kandidat diharuskan untuk menyelesaikan tes coding online dengan problem cases yang lebih spesifik dan rumit dalam durasi waktu ± 4 jam.

That’s it! Semoga bermanfaat and I hope you enjoy the article. Feel free to drop me a comment below if you have any question about this register/admission process. Thanks!

Note: Keempat tahapan tersebut merupakan tahapan yang saya lalui saat register Refactory batch 4 (Luciano) pada bulan Mei dan Juni 2017. Tahapan dan tes di dalamnya bisa saja berubah/berbeda untuk batch berikutnya.